Saturday, July 16, 2011

10 Makanan yang Menyehatkan Mata

10 Makanan yang Bisa Menyehatkan Mata


10 Makanan yang Bisa Menyehatkan Mata - Wortel diketahui merupakan salah satu makanan yang memberikan nutrisi bagi mata. Pernyataan ini benar adanya. Oleh karena itu, pilihan makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Simak beberapa makanan yang kaya nutrisi untuk mata.

Dikutip dari lifemojo, makanan bernutrisi seperti, vitamin A, C dan E, betakarotein, dan antioksidan yang disebut leutin sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko degenerasi makula karena faktor usia. Selain itu, kandungan omega-3 juga berperan penting untuk melindungi mata dari degenerasi retina dan mencegah mata kering.

Untuk menghindari gangguan mata, Anda bisa memulainya dari mengatur pilihan makanan Anda. Berikut beberapa makanan yang bagus untuk mata indah Anda.

1. Wortel
Wortel mengandung beta karoten yang disebut karotenoid. Tubuh Anda mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam proses bioelektrik di mata. Selain itu, juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.

2. Ubi Jalar
Ubi juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin A.

3. Salmon
Ini mengandung asam lemak omega-3, yang berhubungan dengan rendahnya risiko degenerasi makula karena usia.

4. Bayam
Bayam merupakan sumber makanan lain yang kaya vitamin C dan bera-karoten. Selain itu, bayam juga mengandung nutrisi yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxathin. Semua bahan-bahan ini sangat baik untuk kesehatan mata dan penglihatan.

5. Brokoli
Brokoli juga mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan penting untuk pengobatan katarak dan degenerasi makula.

6. Almond
Kacang yang satu ini mengandung vitamin E, yang bantu memperlambat perkembangan penyakit mata berkaitan dengan usia. Almond juga membantu mencegah katarak.

7. Yogurt
Makanan ini mengandung zinc, yang membantu tubuh menyerap zat antioksidan seperti vitamin A.

8. Telur
Vitamin A yang dikandungnya membantu fungsi retina dengan baik dan lagi-lagi, mengurangi resiko degenerasi makula terkait usia dan katarak.

9. Bawang putih dan bawang bombay
Makanan yang biasa dijadikan bumbu dapur ini mengandung sulphur yang diperlukan untuk produksi glutation, antioksidan penting bagi lensa mata.

10. Raspberry, blueberry dan anggur
Kandungan vitamin C di dalamnya bantu mengurangi risiko pembentukan katarak. 
Sumber: 

No comments:

Post a Comment