Thursday, July 7, 2011

9 Tips Membuat Blog Pribadi Kamu Jadi Populer

Ada banyak blog pribadi yang terlahir tiap hari. Ada yang bisa survive di tengah persaingan, ada juga yang tenggelam di balik hingar-bingarnya euforia ini. Kali ini saya mau berbagi tips sederhana yang bisa Anda coba praktekkan. Sebagian besar tips ini saya uji coba di beberapa blog saya. Apa saja kiat praktis mendongkrak trafik blog tersebut? Ini dia.

1. Membuat review tentang blogger lain.

Ini adalah salah satu kegiatan favorit saya akhir-akhir ini. Tidak masalah jika blog tersebut memiliki topik yang berbeda dengan blog Anda. Saat ini ada kecenderungan memilah blog berdasarkan segmentasi usia pembaca, bukan topik per topik. Hal ini disebabkan karena sangat sedikit blog yang memiliki topik khusus. Review ini dapat Anda lakukan secara berkala. Misalnya sebulan sekali. Keanekaragaman topik yang terlihat dalam blog Anda bukanlah satu malapetaka. Justru bisa saling melengkapi pembahasan satu masalah dari berbagai sudut pandang.

2. Saling bertukar artikel sebagai penulis tamu.

Mempublikasikan artikel penulis tamu bukan hanya mempererat relasi antar blogger, namun juga bisa memberi keunikan tersendiri bagi blog Anda. Tentu Anda tahu bahwa Google itu suka konten unik, semakin unik semakin memiliki nilai lebih di mata search engine. Selain itu, dengan menerima penulis tamu secara tidak langsung Anda menggabungkan dua komunitas dalam pergaulan blogger. Bagi yang belum ngetob, siap-siap terkatrol popularitas blognya. Buat yang sudah punya nama, hal ini menunjukkan Anda sebagai orang yang siap bekerjasama dengan siapa saja, tidak sombong dan bersedia berbagi.

3. Memilih judul artikel berdasarkan Google Trends.

Sekali waktu Anda perlu memantau Google Trends untuk melihat keyword apa saja yang sedang banyak dicari pengguna internet pada hari ini. Menulis artikel jenis ini seolah berlawanan dengan artikel idealis, tapi sebenarnya Anda tetap bisa menyelipkan opini ke dalam artikel dengan tetap mendapatkan limpahan trafik. Ada banyak kata kunci yang tersedia di Google Trends tiap hari, yup, tiap hari. Anda tinggal pilih satu diantaranya dan membahas menurut segmentasi blog Anda.

4. Hubungkan artikel blog dengan situs jejaring sosial secara otomatis.

Saat ini ada banyak layanan gratis yang tersedia untuk menghubungkan artikel blog Anda secara otomatis dengan akun jejaring sosial. Misalnya Twitterfeed, plugin Tweet Old Post, Ping.fm dan lain-lain. Anda jangan hanya tinggal diam. Ayo ikut manfaatkan limpahan fasilitas ini. Hari ini hampir tiap jam orang update status. Bangun tidur update status, terjebak macet update lagi. Dengan meng-connect artikel secara otomatis, Anda bisa tetap tidur nyenyak sementara software promosi artikel tak pernah lelah bekerja. Dan satu lagi, dia tidak minta bayaran.
9 Trik Sederhana Mempopulerkan Blog Pribadi

5. Menambahkan koleksi foto pribadi.

Are you narcis enough? Rasanya tiap orang saat ini sudah jadi narsis deh. Perkembangan teknologi memudahkan kita jadi fotografer dadakan dengan hasil tak kalah bagus dibanding tukang foto studio. Jepret sana jepret sini, upload di Twitpic, dapat komentar balik. Itu juga bisa Anda lakukan di blog pribadi. Menyisipkan foto pribadi yang berkenaan aktifitas sehari-hari bukanlah larangan. Kecuali kalau foto Anda termasuk dalam XXX Rate, beda lagi ceritanya. :) Menunjukkan ‘ketampanan’ atau ‘kecantikan’ wajah Anda ada bukti Anda sebagai blogger manusia, bukan akun dummy blog.

6. Beri tautan dengan artikel blog lain.

Memberi backlink atau trackback kepada blog lain wajar dilakukan untuk tujuan memperlengkap referensi terkait topik artikel yang sedang dibahas. Yang paling bikin sebel adalah kalau ada blogger lain yang kasih trackback untuk tujuan nyepam ikutan kontes SEO. Sudah nggak ada kaitan dengan pembahasan artikel, eh nyepam-nya berulang-ulang pula. Oleh karena itu, beberapa artikel dalam blog ini saya close allow trackback supaya tidak disalahgunakan oleh spammer.

7. Pantau Data Statistik AWStat secara berkala.

Kalau Anda pakai plugin JetPack by WordPress, Anda bisa memantau perkembangan trafik blog langsung dari dashboard. Namun untuk detail informasi perkembangan trafik Anda bisa buka folder AWStat yang ada dalam cpanel masing-masing blog. Dari situ Anda bisa memantau artikel mana saja yang memiliki hits bagus dan mana yang perlu perbaikan. Juga patut diperhatikan penggunaan kuota bandwidth. Kalau bandwidth blog Anda habis sebelum akhir bulan dengan trafik biasa-biasa saja, berarti ada yang tidak beres dengan penggunaannya.

8. Tawarkan free ebook berkualitas dan update secara berkala.

Gratis tapi berkualitas? Memangnya hari gini masih ada barang gituan? Memang sudah jarang orang yang mau bercapek ria menulis ebook bagus cuma buat diberikan secara gratis. Kalau Anda bisa menjadi bagian kecil orang yang bersedia memberi sebelum menerima, Anda akan dapatkan perbedaannya. Kalau bisa, di awal memberi ebook itu lebih tebal lebih baik. Orang bilang kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda. Kalau sudah nyanthol di hati, jangan lupa upgrade secara berkala. Minimal satu tahun sekali. 

9. Membuat wawancara tokoh terkenal dan berkompeten di bidangnya.

Ini adalah hal yang sampai saat ini belum bisa saya wujudkan untuk blog ini. Ada saja halangannya. Sebenarnya saya ngiri kalau lihat beberapa blog kawan bisa lakukan interview tokoh terkenal. Misalnya blog DesainDigital.Com yang rajin bikin laporan wawancara para deasigner top dalam dan luar negeri. Saya lihat ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat menggali informasi dengan teknik wawancara. Bisa jadi informasi yang kita dapatkan akan lebih komplet, di luar dugaan dan tentu saja penyajian yang tidak membosankan.
Bagaimana menurut Anda? Punya ide lain buat mempromosikan blog?

Sumber :

No comments:

Post a Comment