Thursday, July 14, 2011

Foto Senyuman Monyet Sulawesi Yang Mendunia

Manusia tersenyum? Itu biasa. Pernah ngga, melihat monyet tersenyum? Ya, tersenyum lepas sampai seluruh giginya kelihatan, layaknya orang yang sedang berbahagia.

Seorang fotografer terkenal, David Slater berhasil mendapatkan gambar seekor monyet Sulawesi yang sedang tersenyum sumringah. Sebenarnya foto itu didapat secara tidak sengaja, atau lebih tepatnya dikarenakan kecelakaan.

Lagi asyik-asyiknya mengambil gambar di Taman Nasional Sulawesi Utara, tiba-tiba kamera milik David direbut oleh seekor kera. Sontak David kaget, karena takut kameranya dirusak oleh itu monyet.
Tapi yang terjadi, ternyata jauh dari perkiraan david. Monyet betina yang merebut kameranya tadi, ternyata tidak membanting itu kamera, tapi malah berfoto menekan-nekan tombol di kamera tersebut, dan secara tidak sengaja, memfoto dirinya sendiri yang sedang nyengir.

Nih fotonya:
monyet-tersenyum
Foto monyet tersenyum lebar itu pun mendunia. Beberapa situs media memuat foto ini pada Selasa, 5 Juli 2011. Di antaranya, The Sun, Daily Mail, Metro, The Telegraph dan The West Australian
Menurut Slater, 46 tahun, monyet itu tersenyum karena untuk pertama kalinya melihat dirinya sendiri. Si monyet lalu membuat ratusan foto. Sebagian besar tak fokus. “Mungkin pertama kali mereka masih bingung, tapi bila aku biarkan lebih lama, barangkali dia bisa bikin satu album foto keluarga,” katanya.
Slater datang ke Sulawesi Utara untuk memotret monyet hitam. Monyet hitam ini adalah hewan langka yang dilindungi. Monyet hitam terkenal sangat pintar. “Seperti simpanse, tapi mereka lebih ingin tahu,” katanya
Selain pintar, menurut Slater, monyet hitam sangat ramah. Selama tiga hari di taman nasional, Slater selalu dikelilingi monyet-monyet ini. Mereka tak agresif dan tak merasa terancam dengan kehadiran manusia di dekatnya.

Wiih. Lucu ya… :D

Tapi, jangan coba-coba menangkap monyet ini, Sodara-sodara. Karena, Satwa ini dilindungi berdasarkan UU RI No.5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah RI No.7 Tahun 1999. Hewan ini bisa ditemukan di Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus, Cagar Alam Gunung Duasudara, Cagar Alam Gunung Ambang, Gunung Lokon dan Tangale.

Hehmm, secara tidak langsung, monyet ini telah mengharumkan nama Indonesia, nih. Tengkyu ya, Nyet. 

kepengen dah punya monyet kayak dia hehe

Sumber :
koran kompas punya admin faktabukanopini.blogspot.com :P

No comments:

Post a Comment