Friday, July 15, 2011

YouTube, Berawal Dari Ide Sederhana Menjadi Spektakuler

Logo YouTube

Siapa yang tidak kenal dengan YouTube. Situs untuk berbagi video itu sudah pasti selalu dibuka apabila seseorang browsing di internet. Dan tidak sedikit pula orang-orang yang jadi terkenal lewat situs berbagi video ini.
Steve Chen, Chad Hurley, Jawed Karim
Adalah Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim yang membangun situs pembagi video ini pada tahun 2002 silam. Mereka membuat situs ini untuk mempermudah para pengguna internet yang ingin berbagi videonya secara gratis dan mudah tanpa harus mengikut prosedur yang ribet seperti yang pernah dialami oleh mereka bertiga. Berdasarkan atas pengalaman pribadi mereka dan tentu saja mewakili para netizen yang senang mengupload video, akhirnya mereka membuat YouTube. Tentu saja tidak mudah membuatnya karena mereka harus bekerja keras membuat satu situs yang bisa dipakai para netizen dari berbagai kalangan baik yang sering menggunakan internet ataupun untuk orang awam internet sekalipun. Saat pertama membuat situs ini, mereka sama sekali tidak menyangka kalau akan bisa sesukses ini membuat YouTube terkenal.

Video pertama yang mereka upload adalah video jawed sedang berada di depan kandang gajah di kebun binatang pada tanggal 14 Februari 2005. Dan itu pun gagal. Setelah itu mereka mengupload video demi video dan mengembangkan situs itu dari hanya kalangan terdekat yang mengetahui sampai bisa mendunia seperti sekarang. YouTube berkembang pesat sampai sekarang dan itu berarti pundi-pundi kekayaan ketiga pemiliknya pun semakin bertambah setiap ada yang mengupload atau mendowload video dari YouTube. Wow, dari sebuah ide sederhana menjadi satu situs yang spektakuler seperti sekarang. Bravo untuk Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim!!

Sumber :

No comments:

Post a Comment